11.02
0
Manajemen sebuah proyek itu sangat penting terutama bagi mereka yang bergelut dalam bisnis. maka diperlukan sebuah sistem untuk mengatur waktu beserta sumber daya sampai mencapai tujuan dengan hasil pendapatan yang se-maksimal mungkin namun dengan pengeluaran biaya se-minimal mungkin.

yang pernah belajar ilmu management pasti tak asing dengan metode Siklus Hidup Manajemen Proyek (Project Management Lifecycle). Project itu sendiri suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang dibatasi oleh waktu dan sumber daya yang terbatas. Dalam siklus hidup manajemen itu sendiri terdapat tahapan-tahapannya dari tahap inisiasi, perencanaan, eksekusi atau pelaksanaan dan penutupan seperti evaluasi.

nah, disini yang saya mau bahas bukan pada manajemen yang lebih mendalam, tapi hanya sekedar berbagi dengan pengalaman yang saya dapat, saya mau kaitkan bahasan ini dengan craft. bagaimana kita agar bisa mengatur waktu dan sumber daya dengan efektif dan efesien. Dalam rajut merajut, bukan hal mudah dalam mengatur waktu dan sumber daya apalagi merajut dengan manual rajutan tangan. ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar harus butuh konsistensi, kesabaran dan keuletan agar hasil sesuai. apalagi bila anda adalah seorang pemula harus perlu ekstra latihan dan paling utama semangat pantang menyerah. ingat.. tak ada yang tak mungkin dan dalam proses tidak ada awal yang mudah. dan anggap rajutan tangan dalam hal ini Crochet yang kita akan atau yang sedang dibuat kita sebut dengan proyek. entah itu proyek untuk kita sendiri sebagai latihan ataupun pesanan.

1). Inisiasi, tahapan awal kegiatan proyek yaitu mendefisinikan apa yang akan kita buat, beserta permasalahan yang ingin diselesaikan.
2). Perencanaan, kesiapan dari alat dan bahan yang diperlukan termasuk dokumen seperti tutorial atau pola rajutan sebagai acuan.
3). Eksekusi atau Pelaksanaan, tahapan inilah kita memulai dari sini kita tanggalkan saat proyek kita mulai dan ingin buat batas waktu kapan terselesaikan.
4). Penutupan atau Evaluasi, ini sangat diperlukan untuk mengetahui apa pencapaian kita, kendala guna memantau dan mengontrol sebagai hasil akhir proyek serta memberi laporan agar proyek yang selanjutnya sudah dapat diprediksikan dan lebih matang.

Jangan lupa semua manajemen ini kembalikan lagi kepada stakeholder atau orang yang mengatur.

Belajar ilmu manajemen tidak hanya dalam bisnis besar dan milik perusahaan saja.. seperti kita ini para rajuters, crafters juga boleh lah menerapkan ilmu manajemen bisnis agar sukses kedepannya.

Rajutan tangan crochet ini, kita manajemen dengan sebaik-baiknya tak lain juga agar anak bangsa menjadi kreatif.. 

Harap dapat dimaklum apabila Yulie's Craft manajemennya masih kurang. karena semua butuh proses, dalam proses tak mungkin tak ada kendala. :) 


Jangan lupa setelah membaca, beri komentarmu dan berbagi pengalamanmu disini..!!

Salam,
Yulie's Craft


Comments
0 Comments
/*akhir widget komentar */

0 comments:

Posting Komentar